pengertian osteoarthritisPengertian Osteoarthritis  adalah gangguan karena adanya peradangan pada sendi, sehingga menyebabkan ujung tulang mengalami aus atau menipis.

Pada penderita Osteoarthritis, bantalan tulang sendi akan mengalami penipisan dari hari ke hari, Pengapuran ini cukup sering menyerang persendian pada tulang belakang, lutut, maupun pinggul.

Osteoarthritis (Pengapuran) biasanya terjadi pada mereka yang berada di kelompok usia 50 tahun ke atas, akan tetapi penyakit ini juga bisa menyerang segala usia, termasuk usia remaja.

Ada dua macam pengertian osteoarthritis:

Osteoarthritis Primer:

Dialami setelah usia 45 tahun, sebagai akibat dari proses penuaan alami, menyerang secara perlahan tapi progresif, dan dapat mengenai lebih dari satu persendian. Biasanya menyerang sendi yang menanggung berat badan seperti lutut dan panggul, bisa juga menyerang punggung, leher, dan jari-jari.

Osteoarthritis Sekunder:

Dialami sebelum usia 45 tahun, biasanya disebabkan oleh trauma (instabilitas) yang menyebabkan luka pada sendi (misalnya patah tulang atau permukaan sendi tidak sejajar), akibat sendi yang longgar, dan pembedahan pada sendi.

Gejala dari pengapuran tulang ini akan mudah dikenali secara fisik dari seseorang.

Beberapa gejala fisik pada tulang bahu, lehar dan tumit yang bisa diamati antara lain sebagai berikut:

  • Persendian terasa kaku dan nyeri apabila digerakkan.

Pada mulanya hanya terjadi pada pagi hari, terutama pada waktu menopang berat badan. Pada beberapa penderita, nyeri sendi dapat timbul setelah istirahat lama, misalnya duduk di kursi atau di jok mobil dalam perjalanan jauh. Terkadang juga dirasakan setelah bangun tidur di pagi hari.

  • Adanya pembengkakan/peradangan pada persendian.
  • Persendian yang sakit berwarna kemerah-merahan.
  • Kelelahan yang menyertai rasa sakit pada persendian.
  • Bunyi pada setiap persendian (crepitus). Gejala ini tidak menimbulkan rasa sakit, hanya rasa tidak nyaman pada setiap persendian (umumnya lutut).
  • Perubahan bentuk tulang. Ini akibat jaringan tulang rawan yang semakin rusak, tulang mulai berubah bentuk dan meradang, menimbulkan rasa sakit yang amat sangat.

Baca Juga : 5 cara mencegah osteoarthritis paling ampuh

Osteoarthritis dapat dihindari dengan mengeliminir faktor predisposisi di atas.

Sebagai tips lakukan hal-hal berikut untuk menghindari sedini mungkin Anda terserang osteoarthritis atau membuat osteoarthritis Anda tidak kambuh, yaitu dengan:

  • Menjaga berat badan. Merupakan faktor yang penting agar bobot yang ditanggung oleh sendi menjadi ringan.
  • Melakukan jenis olahraga yang tidak banyak menggunakan persendian atau yang menyebabkan terjadinya perlukaan sendi.

Contohnya berenang dan olahraga yang bisa dilakukan sambil duduk dan tiduran.

Aktivitas olahraga hendaknya disesuaikan dengan umur, jangan memaksa untuk melakukan olahraga porsi berat pada usia lanjut.

Tidak melakukan aktivitas gerak pun sangat tidak dianjurkan, tubuh yang tidak digerakkan akan mengundang osteoporosis.

  • Menghindari trauma (perlukaan) pada persendian.
  • Meminum obat-obatan suplemen sendi (atas konsultasi dan anjuran dokter).
  • Mengkonsumsi makanan sehat.
  • Memilih alas kaki yang tepat & nyaman.
  • Lakukan relaksasi dengan berbagai teknik.
  • Hindari gerakan yang meregangkan sendi jari tangan.

Jika ada deformitas pada lutut, misalnya kaki berbentuk O, jangan dibiarkan. Hal tersebut akan menyebabkan tekanan yang tidak merata pada semua permukaan tulang.

jadi Pengertian Osteoarthritis  adalah gangguan karena adanya peradangan pada sendi, sehingga menyebabkan ujung tulang mengalami aus atau menipis.

Baca Juga : 6 faktor penyebab Radang Sendi