9 Makanan pemicu radang sendi

makanan pemicu radang sendi

9 Makanan Yang Dapat memicu resiko radang sendi

Ketika Anda menderita radang sendi, tubuh Anda dalam keadaan peradangan. Apa yang Anda makan mungkin tidak hanya akan meningkatkan Resiko radang sendi, tetapi juga dapat memicu penyakit kronis lainnya seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Berikut ini 9 Makanan pemicu radang sendi diantaranya :

1. Gula 

Mungkin sulit untuk menolak makanan penutup, kue kering, cokelat, soda, bahkan jus buah. Namun, American Journal of Clinical Nutrition memperingatkan bahwa gula olahan memicu pelepasan inflamasi yang disebut sitokin.

2. Lemak jenuh

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa lemak jenuh memicu peradangan jaringan lemak, yang bukan hanya indikator untuk penyakit jantung tetapi juga memperburuk radang sendi.
Produk daging (terutama daging merah), produk susu penuh lemak, hidangan pasta, dan makanan penutup berbasis biji-bijian.

3. Lemak Trans

Lemak trans dapat ditemukan pada makanan cepat saji dan produk lainnya yang digoreng, makanan ringan yang diolah, produk sarapan beku, biskuit, donat dll.

4. Omega 6 Asam Lemak

Asam lemak Omega 6 adalah asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan normal. Tubuh membutuhkan keseimbangan asam lemak omega-6 dan omega-3 yang sehat.

Konsumsi berlebih dari omega-6 dapat memicu tubuh memproduksi bahan kimia pro-inflamasi. Asam lemak ini ditemukan dalam minyak seperti jagung, bunga matahari, biji anggur, kedelai, kacang tanah, dan sayuran; mayones; dan banyak salad dressing.

Baca Juga : Faktor Penyebab radang Sendi

5. Karbohidrat olahan

Produk tepung putih (roti, roti gulung, kerupuk) nasi putih, kentang putih (kentang tumbuk instan, atau kentang goreng) dan banyak sereal adalah karbohidrat olahan. Menurut Scientific American, karbohidrat olahan mungkin mengalahkan lemak sebagai pemicu meningkatnya angka obesitas dan kondisi kronis lainnya. Makanan ini merangsang peradangan.

6. MSG

Mono-sodium glutamate (MSG) adalah aditif makanan peningkat rasa yang paling sering ditemukan dalam makanan, tetapi juga dapat ditambahkan ke makanan cepat saji, sup dan campuran sup. Zat kimia ini dapat memicu dua jalur penting peradangan kronis, dan mempengaruhi kesehatan hati.

7. Gluten dan Kasein

Orang yang mengalami nyeri sendi dan peka terhadap gluten, yang ditemukan dalam gandum, barley dan rye, atau kasein, yang ditemukan dalam produk susu lebih baik untuk menghindarinya.

8. Pemanis Buatan

Berusaha bebas gula? Pemanis buatan non-nutrisi yang ditemukan di lebih dari 4.000 produk di seluruh dunia. Meskipun disetujui oleh FDA, studi tentang efeknya beragam. Jika Anda peka terhadap bahan kimia ini, sistem kekebalan tubuh Anda mungkin bereaksi terhadap “zat asing” dengan menyerang bahan kimia, yang sebagai balasannya, akan memicu respons peradangan.

 9. Alkohol

Penggunaan yang berlebihan dapat melemahkan fungsi hati dan mengganggu interaksi multi-organ lainnya dan dapat menyebabkan peradangan. cara yang Paling baik adalah dengan menghindarinya.

Baca Juga : 5 Minuman Yang baik Untuk radang sendi

semuanya merupakan Makanan pemicu radang sendi

9 Makanan pemicu Radang Sendi :

Gula, Lemak Jenuh, Lemak trans, Omega 6 Asam Lemak, Karbohidrat olahan, MSG, Gluten dan Kasein, Pemanis Buatan dan Alkohol

cara mengatasi Peradangan yaitu dengan Mengurangi makanan yang dapat memicu peradangan dan meningkatkan konsumsi buah dan sayuran dalam diet Anda, menjadikan ikan sebagai protein utama Anda.

Lihat Juga :

6 makanan Untuk Diet Anti Inflamasi

5 Obat Nyeri Sendi yang ada Di Dapur Anda

 

Sumber*

Summary
Review Date
Reviewed Item
9 Makanan pemicu radang Sendi
Author Rating
51star1star1star1star1star