6 Faktor Penyebab Radang Sendi

Faktor Penyebab Radang Sendi Pada dasarnya belum diketahui secara pasti, hanya saja beberapa hal ini bisa menjadi faktor Penyebab Radang Sendi antara lain: faktor penyebab radang sendi

  1. Faktor genetikaBeberapa orang memang ada yang memiliki gen lemah pada kekuatan tulang, atau memiliki tulang yang tidak sempurna, sehingga melahirkan keturunan yang tulangnya juga lemah atau tidak sempurna. Hal ini akan meningkatkan risiko tulang mudah mengalami keropos (osteoporosis) maupun mudah mengalami pengapuran sendi dengan gejala yang sudah disebutkan di atas.
  2. Faktor usia: Tulang manusia pada umumnya akan terus berkembang dan tumbuh dari manusia masih berada pada janin, hingga manusia berusia kurang lebih 25 tahun. Setelah itu, tulang akan berhenti berkembang. Sebaliknya, tulang akan mengalami penurunan fungsi secara bertahap. Hal inilah yang membuat banyak lansia sering mengalami radang sendi.
  3. Faktor berat badan (obesitas): Tulang di dalam tubuh memang keras dan fungsinya untuk menahan tubuh. Namun jika berat badan terlalu berlebihan, maka lama kelamaan tulang pun akan lebih sulit untuk  menopang. Akibatnya, akan lebih mudah terjadi patah tulang atau retak pada tulang.
  4. Faktor jenis kelamin: Secara alami, tubuh pria dan wanita memang berbeda. Wanita rentan mengalami perubahan hormon dalam hidupnya, misalnya setelah melahirkan, atau setelah menopause. Hal ini juga mempengaruhi wanita lebih rentan terserang pengapuran sendi dari pada pria.
  5. Faktor penyakit: Beberapa kasus pengapuran sendi juga bisa terjadi jika seseorang menderita suatu penyakit  tertentu, yang akhirnya berdampak pada kesehatan tulangnya. Terutamayang mengalami penyakit pada saluran pencernaannya, karena kesulitan mencerna nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  6. Faktor aktivitas yang salah: Pengapuran sendi juga bisa disebabkan oleh faktor kesalahan pada aktivitas sehari-hari yang mengakibatkan susunan tulang tidak sesuai dengan porsinya. Jika hal itu terus terjadi dan  menjadi kebiasaan, maka bukan hal yang mustahil jika pengapuran sendi terjadi secara bertahap.

Maka dari itu, seseorang perlu menghindari aktivitas yang tidak sehat, misalnya seperti di bawah ini:

Bekerja terlalu berlebihan – Seseorang yang bekerja terlalu berlebihan dan memforsir tenaga dan tubuhnya secara terus menerus, pasti akan mengalami ketidakstabilan dalam tubuhnya. Hal ini juga bisa menyebabkan pengapuran sendi dan tulang, karena persendian yang seharusnya digunakan untuk bekeja sekian jam, justru diforsir untuk bekerja selama lebih dari yang seharusnya.

Baca Juga : Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Sendi dan tulang

Suka membungkuk terlalu lama – Membungkuk terlalu lama tidaklah baik. Selain perlahan-lahan akan mengubah susunan tulang belakang bagian atas, membungkuk terlalu lama ternyata juga berpeluang untuk meningkatkan risiko pengapuran sendi, khususnya di bagian tulang belakang bagian atas. Padahal di tempat itulah ada susunan saraf yang perlu dijaga.

Terlalu lama berdiri – Berdiri terlalu lama akan membuat susunan persendian menjadi kaku, baik persendian pada kaki maupun tulang belakang. Berdiri terlalu lama akan memperbesar peluang terjadinya pengapuran pada tulang.

Terlalu lama duduk – Sama halnya dengan terlalu lama berdiri, terlalu lama duduk juga tidak baik. Sirkulasi darah tidak akan lancar. Selain itu bagian tulang bekalang dan tulang panggul juga akan terganggu dan berpotensi mengalami pengapuran sendi.

Mengerjakan aktivitas fisik yang berat – Aktivitas fisik yang berat sebaiknya tidak dilakukan, seperti misalnya mengangkat beban berat, bergerak atau berolahraga berat dalam kurun waktu yang lama, dan sebagainya. Hal ini akan memperbesar risiko pengapuran sendi.

 Postur tubuh yang salah saat beraktivitas – Selain itu, postur tubuh yang salah selama beraktivitas juga bisa menyebabkan seseorang mudah terserang pengapuran sendi. Seperti misalnya posisi akan duduk, posisi akan berdiri, posisi tidur, atau posisi berjalan sekalipun. Jika kebiasaan kecil tersebut dilakukan secara salah dan terus menerus, maka akan berpeluang besar lahirnya pengapuran sendi ini.

Baca Juga : Pengertian Osteoarthritis : Gejala dan cara menghindarinya

Summary
Review Date
Reviewed Item
6 Faktor Penyebab Radang Sendi yang Wajib Anda tahu
Author Rating
51star1star1star1star1star