3 Cara Mengatasi Nyeri sendi

cara mengatasi nyeri sendiCara mengatasi nyeri sendi – Masalah persendian tentu sangat mengganggu aktifitas karena akan menimbulkan rasa yang kurang nyaman saat melakukan pergerakan tubuh, Oleh sebab itu masalah persendian harus segera diatasi dengan cepat dan tepat, Terutama untuk orang yang masih produktif karena akan sangat mengganggu produtifitas dan kinerjanya.

Ada beberapa cara mengatasi nyeri sendi yaitu : 

  1. Fisioterapi

Terapi fisik dapat membantu meningkatkan jangkauan gerak dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi. Terapi ini dilakukan dengan peregangan daerah yang disesuaikan dengan kondisi sendi pasien saat melakukan terapi tersebut.

  1. Obat-obatan

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati arthritis bervariasi tergantung pada jenis arthritis.

Obat arthritis yang sering digunakan antara lain:

  • Analgesik (anti-nyeri).

Jenis obat membantu mengurangi rasa sakit, namun tidak berpengaruh pada peradangan. Contohnya termasuk acetaminophen (parasetamol), ibuprofen, natrium diklofenak, dll.

Beberapa jenis krim dan salep mengandung mentol atau capsaicin. Digunakan dengan cara menggosok langsung pada daerah sendi yang sakit, kulit akan terasa hangat dan dapat mengurangi rasa sakit pada sendi

  • Obat antirematik (DMARDs).

Sering digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis, obat radang sendi ini memperlambat atau menghentikan sistem kekebalan tubuh menyerang sendi. Contohnya methotrexate dan hydroxychloroquine.

obat ini akan mengurangi peradangan dan menekan sistem kekebalan tubuh. Kortikosteroid dapat diminum secara oral atau disuntikkan langsung ke dalam sendi yang sakit. Contohnya prednison, dexametason, metilprednisolon, dsb.

  • Suplemen kesehatan sendi UC-FLEX .

Suplemen untuk kesehatan sendi sangat penting untuk membantu memproduksi kembali tulang rawan sendi yang rusak bahkan memperbaiki sendi tersebut, Pemberian suplemen sendi ini dapat dilakukan sedari dini atau untuk mencegah agar kerusakan sendi tidak terjadi.

Ada beberapa suplemen yang dapat digunakan untuk sendi, seperti glucosamin+kondroitin dan yang jenis baru adalah UC-II yang lebih efektif untuk mengatasi masalah persendian dan terkandung dalam produk UC-Flex.

  1. Operasi Sendi

Jika tindakan konservatif tidak membantu, dokter mungkin menyarankan operasi, seperti:

  • Penggantian sendi.

Dilakukan dengan cara membuang sendi yang rusak dan menggantinya dengan sendi buatan. Sendi yang paling sering diganti adalah pinggul dan lutut.

  • Penggabungan sendi.

Prosedur ini lebih sering digunakan untuk sendi kecil, seperti di pergelangan tangan, pergelangan kaki dan jari-jari. Sendi akan dibuang, kemudian tulang-tulang disatukan sehingga menjadi satu kesatuan.

Tindakan operasi adalah tindakan terakhir yang dilakukan apabila pengobatan lain tidak bisa dilakukan, selain harga yang cukup mahal, operasi biasanya menimbulkan trauma untuk pasien. Oleh sebab itu sebaiknya jaga kesehatan sendi dengan suplemen sendi yang tepat sedari dini sebagai upaya pencegahan.

Itulah 3 Cara Mengatasi Nyeri Sendi , semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara Mengatasi Nyeri Sendi
Author Rating
51star1star1star1star1star